Advertisiment

Tips Melatih Burung Trucukan Agar Menggaruda


Burung trucukan merupakan jenis burung ocehan yang harganya murah dan sering dipandang sebelah mata oleh para penggemar burung kicau. Tetapi dibalik harga yang murah itu burung trucukan juga bisa mempunyai ocehan yang lumayan bagus untuk jenis burung murahan apalagi kalau sudah menggaruda atau mengepakkan sayapnya sambil berkicau. Hal itu tentu akan sangat membanggakan untuk pemiliknya.

Istilah menggaruda merupakan istilah yang digunakan untuk burung trucukan yang ingin membuka sayap, karena mau menunjukkan daerah teritorinya atau kekuasaannya. Apalagi jika aktivitas itu disertai dengan kicauan dengan cara yang berulang-ulang. Menurut pengalaman dari para pecinta trucukan, hal itu hanya terjadi pada burung yang sudah jinak dan memiliki mental yang baik. Sedangkan burung trucukan yang masih bakalan atau liar, maka akan sangat jarang mau beraktivitas menggaruda seperti itu. Berikut beberapa tips dalam melatih burung trucukan supaya menggaruda, antara lain :

  • Menempelkan dengan burung lain

    Anda harus sering menempelkan sangkar yang berisi burung lain ke sangkar burung trucukan selama beberapa menit. Kemudian dijauhkan lagi selama beberapa menit dan ditempelkan lagi. Lakukan hal seperti ini secara rutin, supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Hal itu bertujuan untuk melatih mental burung trucukan supaya cepat menggaruda.


    Gambar 1. Burung Trucukan

  • Memancing dengan menggunakan burung liar

    Memancing trucukan dengan menggunakan burung liar dipercaya dapat membuatnya cepat untuk menggaruda. Cara ini bertujuan supaya trucukan dapat menunjukkan daerah kekuasaannya dengan sering anda jemur di bawah dan ditebari beberapa milet, apabila ada burung lain datang seperti burung gereja. Maka biasanya burung trucukan akan menunjukkan daerah kekuasaannya dengan cara mengepakkan sayap dan berkicau.

  • Melakukan perawatan dengan teratur dan sabar

    Membuat burung trucukan nyaman dengan anda serta lingkungan dan sebisa mungkin harus melakukan interaksi setiap hari. Dengan cara mengganti air minum setiap hari, memandikan, memberi ekstra food dan menjemur serta menggantang trucukan di dekat pintu masuk. Apabila sudah waktunya maka trucukan anda akan menggaruda, dengan ditandai apabila ada orang lewat maka ia akan langsung membuka sayap.

Supaya mendapatkan hasil yang maksimal di dalam mengusahakan burung trucukan yang menggaruda, maka anda dapat melakukan beberapa cara di atas secara bersamaan atau dikombinasikan dengan cara bergantian secara telaten dan rutin. Apabila burung sudah mau menggaruda tentu saja harganya akan jauh lebih tinggi, dibandingkan dengan harga burung trucukan yang standar. Itulah beberapa cara dalam membuat trucukan menggaruda yang dapat dibagikan di dalam artikel ini, karena membuat burung trucukan menggaruda tidak dapat dilakukan secara instan. Semoga artikel tentang melatih burung trucukan supaya menggaruda dapat bermanfaat untuk para penggemar trucukan di manapun anda berada.

Referensi:
1. http://www.suaraburungs.com/2014/12/melatih-mental-trucukan-agar-nggaruda.html
Sumber gambar:
1. http://www.ifrasia.com/Pictures/web/c/e/k/RTR24T20_web.jpg

Tips Melatih Burung Trucukan Agar Menggaruda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 comments:

Numpang Promosi ya Min ,,
Join yuk di EDEN POKER...
Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R (.) X Y Z
- Minimal Deposit 15.000
- Bonus New Member 10.000
- Bonus Next Deposit 5%
- Bonus Rollingan 0,5%

Contact Person :
WA : +85578633569

 

Top