Advertisiment

Mengenal Ciri-Ciri Blackthroat Jantan


Blackthroat adalah jenis burung pemakan biji-bijian, mereka biasa hidup secara bergerombol. Blackthroat yang bagus biasanya yang memiliki kicauan ngeroll dengan kecepatan dominan yang rapat dan panjang. Diantara burung impor lainnya seperti burung edel sanger dan mozambik, blackthroat memiliki harga yang paling tinggi. Blackthroat juga memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan edel sanger apabila dilihat secara sepintas, tetapi bila diperhatikan lebih teliti burung blackthroat terlihat lebih hitam serta di pangkal ekor bagian atas berwarna kuning.

Kualitas dari kicauan blackthroat juga berbeda dengan burung sanger, karena ia cenderung memiliki suara yang lebih tebal, volume dan rolling yang lebih enak untuk didengar. Jadi tidak mengherankan apabila harga blackthroat sangat istimewa di pasaran. Burung yang telah mempunyai kicauan sangat merdu dengan ciri irama bersuara tinggi dan panjang, serta tidak putus-putus memang sangat layak untuk dijadikan penghuni baru koleksi burung kicauan anda. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan di dalam memilih burung blackthroat.

Apabila anda tertarik pada burung ini, maka pilihlah yang memiliki jenis kelamin jantan. Karena Blackthroat dengan kelamin betina biasanya hanya bisa mencicit dan suara kerasnya cenderung memiliki irama yang monoton. Sulit mungkin untuk orang awam mengetahui perbedaan ciri kelamin jantan dan betina, tetapi secara fisik terdapat perbedaan yang dapat menentukan blackthroat jantan dan betina. Terkadang mereka tidak memiliki perbedaan yang pasti bila dilihat dari secara penampilannya saja, karena biasanya para peternak sendiri juga masih merasa kesulitan dalam membedakan antara jenis kelamin blackthroat jantan dan betina. Oleh karena itu untuk memilih blacktroath kelamin jantan tidaklah mudah seperti yang anda pikirkan. Berikut beberapa ciri dari blackthroat jantan, antara lain :


Gambar 1. Burung Blackthroat Jantan

Tips memilih blackthroat jantan :

  • Pilihlah burung blackthroat yang sudah jelas bisa berkicau ngeroll walaupun pelan, paling tidak pada usia muda sudah dapat ngriwik.
  • Blackthroat jantan biasanya ngerollnya panjang dan keras.
  • Postur tubuh pada blackthroat kelamin jantan lebih panjang.
  • Terdapat pita di leher dengan warna hitam pekat .
  • Blackthroat jantan memiliki kepala yang besar, agak panjang dan bentuknya lonjong.
  • Anus blackthroat jantan lebih menonjol keluar dan terdapat tonjolan sebesar biji kacang hijau dengan bulu rawis di sekitarnya.
  • Paruh jantan lebih tebal.
  • Memiliki suara yang nyaring, tidak terputus-putus serta memiliki banyak variasi dalam kicauannya.
  • Mempunyai leher yang jenjang.

Itulah beberapa ciri dari burung blackthroat jantan yang perlu anda ketahui. Apabila anda memilih blackthroat jangan lupa bahwa burung jenis betina juga dapat ngeroll panjang jika pada masa birahi, tetapi suara ngeroll dan volume betina lebih cenderung lirih. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

Referensi:
1. http://www.suaraburungs.com/2015/01/pilih-blackthroat-jantan-bagaimana.html
Sumber gambar:
1. https://kicauan.files.wordpress.com/2014/01/blackthroat.jpg

Mengenal Ciri-Ciri Blackthroat Jantan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 comments:

Numpang Promosi ya Min ,,
Join yuk di EDEN POKER...
Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R (.) X Y Z
- Minimal Deposit 15.000
- Bonus New Member 10.000
- Bonus Next Deposit 5%
- Bonus Rollingan 0,5%

Contact Person :
WA : +85578633569

 

Top