Advertisiment

Pentingnya Latihan Bersama Agar Mental Burung Terbentuk


Merawat burung supaya lebih cepat bersuara keras atau biasa disebut buka paruh, tentu tidak terlepas dari cara pemberian pakan harian yang cukup mengandung protein yang tinggi. Tetapi, selain itu ternyata ada satu hal yang tidak kalah pentingnya di dalam melakukan perawatan untuk burung, yaitu dengan mengikuti latihan bersama penggemar burung lainnya. Burung merupakan hewan yang hidup berkoloni, karena mereka sering terlihat selalu bersama - sama dengan burung lainnya dalam jumlah yang banyak ketika mencari makanan.

Terkadang juga ada salah satu burung yang tampak menjadi seekor pemimpin regu atau semacam kepala suku dan burung inilah yang nantinya akan berhak untuk menentukan ke arah mana mereka mencari makanan. Bagi burung yang biasa dirawat secara sendirian, begitu mereka melihat keberadaan burung lain di sekitar sangkarnya, maka mereka akan menunjukkan sikap senang dari dalam sangkar. Tetapi begitu berada di antara banyak burung lain di sekelilingnya, maka ia akan mengeluarkan suara terkerasnya untuk menunjukkan bagaimana keberadaan dan kemampuannya, supaya ia dapat diterima dalam koloni tersebut.


Gambar 1. Perlombaan Kicau Burung

Manfaat latihan bersama pada burung

  1. Burung akan berusaha untuk memberikan penampilan terbaiknya ketika ia berjumpa dengan burung lainnya di dalam jumlah yang cukup banyak.
  2. Burung akan menjadi banyak belajar, baik dengan cara mendengarkan saja, menirukan kicauan burung lain atau belajar untuk melakukan seperti yang burung lain lakukan dan yang dianggapnya terbaik.
  3. Burung akan lebih tergoda atau merasa terprovokasi dan merasa lebih tertantang, sehingga burung dapat lebih mencapai penampilan puncak mereka.
  4. Untuk anda yang ingin burung miliknya cepat supaya bersuara lebih lantang dan mempercepat kondisi buka paruh, maka biasakan untuk mengajak burung ke tempat latihan bersama dengan penggemar burung lainnya. Apabila rutin dilakukan maka mereka akan lebih cepat dalam kondisi buka paruhnya, karena lebih percaya diri.

Selain beberapa faktor di atas, ada juga faktor lain yang turut membantu dalam proses buka paruh pada burung yaitu kebersihan sangkar, tempat pakan, minum dan mandi, karena semakin sering mandi maka burung akan semakin rajin untuk berkicau. Itulah beberapa manfaat pentingnya mengikuti latihan bersama pada burung. Supaya mental burung lebih terbentuk untuk mengikuti lomba.

Latihan bersama biasanya diadakan pada pagi sampai sore hari. Banyak sekali jenis burung yang menjadi pesertanya. Oleh karena itu, latihan bersama merupakan salah satu tempat yang baik untuk mengasah mental dari burung anda dan lebih cepat gacor. Oleh karena itu, dalam memelihara burung kicau harus telaten dan sabar agar mendapatkan kualitas yang terbaik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda para penggemar burung kicau.

Referensi:
1. http://www.suaraburungs.com/2015/01/latber-ajang-terbaik-melatih-burung-anda.html
Sumber Gambar:
1. http://www.suryaonline.co/images/foto/2013/12/FOTO-CITIZEN-UNMER-MADIUN-HANDY-SAMUEL-28122013-629x363.jpg

Pentingnya Latihan Bersama Agar Mental Burung Terbentuk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top