Advertisiment

Mengenal Jenis-Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Burung Ocehan-2


Ketiga, Vitamin C. Bagi manusia vitamin C adalah vitamin yang cukup dibutuhkan karena bermanfaat untuk menjaga imun tubuh dan menghindarkan dari penyakit sariawan yang menyerang bibir dan mulut. Begitu juga untuk burung ocehan dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti buah-buahan dan sayuran. Karena manfaat yang dihasilkan oleh vitamin C terhadap burung ocehan ialah terjaganya daya tahan tubuh burung ocehan, mengurangi tingkat stres yang timbul akibat cuaca panas yang mendera, dan membantu pemulihan luka yang terdapat di tubuh burung ocehan. Di samping itu juga bila burung ocehan yang cukup mengonsumsi vitamin C maka ia selalu tampak segar dan mudah untuk dilatih oleh tuannya.

Keempat, Vitamin D. Khasiat dari vitamin D ialah untuk menguatkan tulang, pengaturan kalsium, dan memperkokoh daya tahan tubuh. Bagi burung ocehan hal ini sangat dibutuhkannya sehingga penting untuk memberikannya makanan yang banyak mengandung vitamin D seperti ikan gubby dan ikan mentah lainnya. Kandungan vitamin D paling mudah diketemukan pada daging ikan sedari itu sejak kecil burung ocehan sebaiknya diberikan makanan ikan seperti ikan gubby. Karena manfaatnya telah disebutkan tadi yaitu mengokohkan tulang dan daya tahan tubuh sehingga burung ocehan tidak tampak loyo dan mengantuk. Sedangkan untuk menghasilkan vitamin D secara alami dari dalam tubuh burung ocehan itu sendiri ialah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari pagi selama 30 menit dan rutin dilakukan. Dan juga jika anda punya minyak ikan untuk diberikan terhadap burung ocehan sebaiknya disimpan pada suhu yang dingin dan jauhkan dari jangkauan sinar matahari karena dapat melenyapkan vitamin D yang terkandung dalam minyak ikan itu sendiri.

Dan perlu diketahui bahwa dampak buruk yang bisa timbul akibat burung ocehan tidak mendapatkan asupan vitamin D ialah terjadinya pelapukan terhadap tulang, bentuk telur yang cacat, dan kualitas cangkang telur yang lembek dan tidak keras. Sehingga poin yang perlu diingat ialah rutin melakukan penjemuran burung ocehan di pagi hari dan berikan ikan gubby atau minyak ikan untuk menambah vitamin D dalam tubuh burung ocehan.

Kelima, Vitamin E. Secara umum khasiat dari vitamin E ialah meningkatkan kualitas kesuburan bagi burung ocehan yang sudah dewasa sehingga proses perkawinan berjalan lancar dan menghasilkan telur-telur dengan kualitas yang bagus. Dan untuk mendapatkan vitamin E yang akan dikonsumsi oleh burung ocehan dapat diperoleh dari berbagai jenis biji-bijian seperti gandum dan kenari. Dan ini sangat bermanfaat bagi burung ocehan yang berkelamin jantan untuk memaksimalkan kesuburannya saat musim kawin tiba dengan memadukan vitamin E, A, dan D.

Keenam, Vitamin K. Burung ocehan juga dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin K yang bermanfaat dalam memperlancar peredaran darah dan menguatkan pembuluh darah burung. Untuk mendapatkan vitamin K dapat diperoleh sayur-sayuran yang berwarna hijau dan minyak ikan. Sehingga semua jenis burung ocehan dapat mengonsumsinya dengan takaran yang tidak berlebihan.

Yup, itulah uraian mengenai jenis-jenis vitamin yang dibutuhkan oleh burung ocehan dalam menjaga kesehatannya dan memudahkan dalam melatih kicauannya semakin merdu. Jenis-jenis vitamin yang dijelaskan tadi semuanya diperoleh dari makanan yang berasal dari hewan dan tumbuh-tumbuhan. Sedari itu Anda dapat memberikan burung ocehan peliharaan anda semua jenis vitamin tersebut yang terkandung di makanannya. Dan semoga artikel ini memberikan manfaat kepada semuanya.

Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
http://nangimam.blogspot.com/2013/09/jenis-jenis-vitamin-untuk-burung.html

Mengenal Jenis-Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Burung Ocehan-2 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top