Advertisiment

Sudahkah Burung Ocehan Petarung Anda diberi Pakan Kroto?


Ada begitu banyak jenis pakan untuk burung ocehan. Tetapi secara umum, jenis pakan tersebut dapat dikelompokkan menjadi 2 jenis pakan saja. Pertama, pakan yang berasal dari jenis hewani, dan kedua pakan yang berasal dari jenis nabati. Meskipun ada juga beberapa pakan olahan, contohnya voer dan sejenisnya, namun sekalipun pakan itu berupa olahan dari campuran bahan-bahan tertentu yang diolah secara ilmiah, pada dasarnya bahan dipakai tidak terlepas dari jenis pakan hewani dan nabati.

Untuk pakan hewani, semua jenis pakan yang berasal dari hewan, baik itu berupa serangga seperti belalang atau jangkrik, bisa juga jenis hewan lainnya seperti cacing, katak, ikan, atau juga kroto. Sementara untuk pakan hayati adalah pakan yang terdiri atas tiga jenis kategori : sayur-sayuran, buah-buahan dan biji-bijian.

Masing-masing burung ocehan mempunyai pakan favoritnya sendiri. Sebut saja burung cucak rowo yang lebih menyukai makanan buah-buahan (pisang dan pepaya). Burung gelatik, love bird, emprit, perkutut, yang lebih menyukai pakan biji-bijian (padi, jagung, kacang hijau dan jewawut). Burung kenari yang menyukai sayur-sayuran. Sedangkan pada sebagian besar burung petarung seperti murai batu, kacer, dan anis merah lebih menyukai pakan hewani seperti belalang, ulat, jangkrik, dan kroto.

Berbicara mengenai pakan-pakan tersebut. Kali ini penulis ingin mengerucutkan pembahasan pada pakan terbaik bagi burung-burung kicauan, khususnya pakan bagi burung ocehan petarung yaitu pakan kroto.

Kroto adalah istilah yang dipakai masyarakat jawa untuk menyebut telur dari semut angkrang (Oecophylla smaragdina) yang masih berbentuk larva dan pupa. Biasanya kroto ditemukan di dedaunan pada pohon-pohon yang menjulang tinggi, cenderung banyak ditemukan pada pohon nangka dan mangga. Bentuk dari kroto agak lonjong, berukuran kecil, dan berwarna putih. Perumpamaan yang agak mirip dengan bentuk kroto adalah seperti butiran beras.



Bagi para penghobi burung kicauan tentu mereka pun tahu kroto adalah makanan terbaik bagi burung-burung petarung. Baiknya di sini tidak ada dilihat dari segi kandungan yang kaya protein dan vitamin, tapi pemberian pakan kroto pada burung kicauan dipercaya akan mampu membuat kemampuan kicauan burung tersebut akan semakin gacor, dan stamina kekuatan tubuhnya semakin meningkat.

Mengungkit masalah kandungan gizi dari pakan kroto, pernah dilakukan uji analisis oleh Depkes Thailand. Bahwa dalam seratus gram kroto memiliki kandungan gizi sebagai berikut : 493 kilo kalori, kadar air 22%, protein 24.1 g (dihitung dari bahan basah, kalau ingin tahu kadar bahan kering koreksi dengan kadar air), lemak 42.2 g, karbohidrat 4.3 g, fiber 4.6 g, abu 2.8, kalsium 40 mg, fosfor 230 mg, besi 10.4 mg, vit A, 710 IU, B1 0.22 mg, B2 1.13 mg, dan niacin 5.7 mg.

Dengan kata lain, dapat dikatakan kroto merupakan pakan yang memiliki nilai kandungan gizi yang tinggi. Selain itu juga, tergolong banyak burung kicauan menyukai pakan yang satu ini. . Maka bukan sesuatu yang mengherankan bila akhirnya pakan ini memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran. Nah, berikut adalah sebagian nama-nama burung kicauan pemakan kroto: murai batu, kacer, anis merah, cendet, anis kembang, kutilang, kenari, poksai, sulingan, jalak, nuri, pleci dan masih banyak lagi.

Ada pernyataan dalam suatu forum kicaumania.or.id mengatakan jikalau kroto dapat membahayakan tenggorokan pada burung kicauan yang memakannya. Untuk meluruskan pernyataan ini yang menjadi masalah itu adalah bukan karena krotonya, tetapi yang bahaya itu adalah semutnya. Keberadaan kroto pada segala tempat akan mengundang semut untuk datang, dikhawatirkan waktu pemberian kroto pada burung kicauan tersebut ternyata ada semut yang menempel dan ikut termakan oleh burung itu.

Maka ketika membeli kroto ada baiknya dipisahkan semut dengan krotonya, atau ketika memberi pakan pastikan tidak ada semut yang terselip pada kroto yang akan anda berikan sebagai pakan burung tersebut.

Memberikan pakan alami dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti pakan kroto ini pada burung kicauan anda merupakan langkah yang tepat. Dengan segala kandungan serta manfaat lain yang sudah dibuktikan para pakar burung kicauan, mestinya pemberian pakan kroto bisa menjadi pilihan.

Oleh : Roma Doni
Gambar : http://indraandriyadi.blogdetik.com/2014/05/22/how-to-produce-kroto-breeding-weaver-ants-raising-kroto/
Referensi :
http://www.burungocehan.link/2013/05/mengenal-jenis-makanan-burung-ocehan.html
http://budidayakrotos.blogspot.com/2014/02/apasaja-burung-ocehan-pemakan-kroto.html
http://www.kicaumania.or.id/forums/archive/index.php/t-13091.html
http://www.kicaumania.or.id/forums/archive/index.php/t-31408.html
http://www.hobianekausaha.com/2014/02/kandungan-gizi-dalam-kroto.html

Sudahkah Burung Ocehan Petarung Anda diberi Pakan Kroto? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top