Advertisiment

Mengenali Penyakit Jamur yang Menyerang Burung Ocehan


Penyakit yang biasanya menyerang burung ocehan jenisnya sangat banyak sekali misalnya berak kapur, sembelit, sakit mata, serak suara, dan jamuran. Sehingga untuk mengatasi penyakit-penyakit tersebut dibutuhkan penanganan yang cepat baik dibawa ke dokter hewan atau dirawat sendiri. Tapi dalam artikel ini akan dibahas mengenai penyakit jamur yang biasanya menyerang burung ocehan secara spesifik. Sehingga para pembaca sekalian dapat memahami mengenai penyakit jamur yang menyerang burung ocehan.

Burung ocehan yang diserang penyakit jamur akan sangat berbahaya bila tak lekas di tangani karena penyakit jamur yang telah berada di tubuh burung ocehan akan terus tumbuh dan menggerogoti semua bagian tubuh burung ocehan. Oleh karena itu, bila tak cepat dalam penanganannya akan mengakibatkan kematian pada burung ocehan. Umumnya penyakit jamuran ini hinggap di kaki burung ocehan yang mengakibatkan terganggunya kesehatannya. Dan selanjutnya burung ocehan yang telah terkena jamuran di kakinya akan mendatangkan berbagai penyakit lainnya seperti gangguan pencernaan di perutnya, gangguan pada saluran pernapasannya, dan mengecilnya volume suaranya.

Kaki burung ocehan yang terkena jamur akan tampak membesar diakibatkan tumbuhnya sisik-sisik baru yang tebal dan berwarna putih. Selanjutnya kaki burung akan semakin membesar dan akhirnya sulit untuk mencengkeram tangkringan yang mengakibatkan ia payah untuk berdiri. Sedari itu diperlukan penanganan yang benar untuk mengatasi burung ocehan yang terlanjur terkena jamur di kakinya.

Penanganan yang bisa ditempuh untuk merawat burung ocehan yang terkena penyakit jamur di kakinya ialah sebagai berikut:


Gambar: Kaki Burung Ocehan yang Jamuran

  1. oleskan obat salep pembasmi jamur

    Burung ocehan yang terkena penyakit jamur di kakinya dapat dioleskan obat salep pembasmi jamur. Di mana pertama-tama cuci terlebih dahulu kaki burung ocehan yang terkena jamur dengan air hangat sampai bersih. Selanjutnya keringkan kakinya dan dapat dioleskan salepnya. Dan letakkan burung ocehan tersebut di sangkar yang bersih dari tungau atau sisa-sisa makanan dan kotoran burung.

  2. jangan pernah cabut jamur di kaki burung

    Hal yang patut diperhatikan bagi kita yang mempunyai burung ocehan terkena jamuran di kakinya ialah untuk tidak mencabutnya secara paksa. Akibat kalau mencabut jamur di kaki burung ialah pendarahan dan infeksi yang mengakibatkan proses penyembuhan semakin lama. Oleh karena itu, perawatannya tetap oleskan salep pada kaki burung yang terkena jamur dan lakukan setiap hari sampai jamurnya hilang sendiri.

Penyebab dan Pencegahannya

Di samping itu penyakit jamur yang menjangkiti burung ocehan diakibatkan oleh beberapa hal dan salah satunya ialah kondisi kandang yang kotor. Tak bisa dipungkiri bahwa kondisi sangkar atau kandang sebagai tempat tinggal burung ocehan yang tampak kotor atau tidak pernah dibersihkan akan menjadi tempat penularan berbagai ragam penyakit termasuk jamur ke burung ocehan. Oleh sebab itu para pemilik burung ocehan perlu untuk memberikan perhatian terhadap kondisi kandang burungnya. Dengan membersihkan atau mencucinya sekitar satu minggu sekali dengan air bersih dan deterjen anti bakteri. Setelah itu dapat menjemurnya di bawah sinar matahari selama kurang lebih setengah jam. Dan disarankan untuk rutin melakukan ini guna menghindarkan burung ocehan kita dari berbagai penyakit.

Dan selanjutnya penyebab lain yang mengakibatkan burung ocehan terjangkit penyakit jamur ialah kondisi ruangan tempat sangkar burung di letakkan. Perlu diperhatikan bahwa jamur sangat mudah tumbuh pada kondisi ruangan yang lembab, pengap, dan gelap. Artinya aturlah ruangan tempat burung ocehan berada dengan memberikan sirkulasi udara dan pengaturan cahaya yang masuk. Sehingga bakteri atau jamur tidak akan sempat berkembang biak dan mati terkena sinar cahaya yang bersumber dari lampu atau matahari. Di samping itu juga ruangan tersebut disemprotkan desinfektan di bagian sudut-sudut ruangan untuk membunuh semua bakteri yang hidup. Dan tetap rutinlah melakukan perawatan terhadap ruangan tersebut sehingga kebersihannya selalu terjaga.

Ya, itulah penjelasan mengenai penyakit jamur yang menjangkiti burung ocehan yang dibahas dari sisi penanganannya dan pencegahannya. Sehingga dengan membaca artikel ini kita menjadi tahu tentang penyakit jamur yang menjangkiti burung ocehan tentang cara pengobatannya dan cara pencegahannya. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
http://www.smartmastering.com/solusi-jamur-pada-burung-berkicau.html
Gambar:
http://kicauan.files.wordpress.com/2012/12/kaki-bersisik-pada-burung-kenari.jpg

Mengenali Penyakit Jamur yang Menyerang Burung Ocehan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top